Selasa, 31 Agustus 2010

Aplikasi Yg Booming di Awal 2007 (Masa2 SMA)

Malam2 gini iseng2 ngenet eHh ketemu ginian
jaman SMA gue dulu banget

Masih inget kand sama yang namanya Aplikasi chatting MXit???
Para penggila chat pasti tahu Mxit ...
Aplikasi ini sangat booming di awal 2007 sampai 2009. Mxit memang menawarkan kelebihan dibanding aplikasi chat semacam Mig33 atau Nimbuzz yang saat itu belum terkenal. Pasalnya aplikasi ini bukanlah aplikasi yang menjembatani account chatting seperti Yahoo dan MSN berjalan dalam satu aplikasi di peranti genggam. Tapi aplikasi ini menyediakan account baru yang media perantinya berupa beberapa digit angka yang bisa di add. Tentunya ini lebih praktis dibanding memasukan alamat email. Jika dipikir pikir lagi, Mxit sangat mirip dengan Blackberry Messanger. Kalo Blackberry Messenger punya pin, Mxit punya beberapa digit angka yang bisa juga disebut pin.

Banyak yang bilang digit digit angka yang menjadi identitas Mxit kita haruslah digit telepon kita yang valid. Jadi menyebarkan nomor mxit sama saja menebarkan nomor hape. Tapi nyatanya kita tidak perlu memasukan nomor telepon kita yang valid, yang paling penting ada ekstensi negara di depan nomor mxit. Uniknya kita bebas memilih ekstensi negara, bisa +62 (Indonesia), +60 (Malaysia) dan masih banyak lagi. Digit angka setelah ekstensi negara juga bisa dipilih sesuka hati. Misal 628101010, dan digit angka lainnya. Yang penting digit angka itu belum dipakai user lain.

Salah satu yang menjadi bukti Mxit benar benar booming dan terkenal, adalah saat pertengahan 2008 seluruh operator telepon indonesia memblokir layanan Mxit. Alasannya, menurut kabar yang beredar, para operator indonesia menurun keuntungannya karena pengguna telepon genggam di seluruh indonesia trafik voice sampai SMSnya menurun tajam. Mereka lebih memilih online via Mxit dibanding telepon atau SMS. Walhasil selama beberapa bulan Mxit tidak bisa diakses.

Beberapa bulan lamanya Mxit diblokir, saat Mxit kembali bisa diakses, muncul booming baru bernama facebook. Walaupun saat Mxit muncul di awal 2007, Facebook juga sudah dikenal di indonesia. Namun di 2007 Friendster dan Mxit masih merajai pasar sehingga Facebook masih belum banyak dilirik.

Kebetulan kemarin ane lagi nganggur di kos kosan. Ane nyoba lagi Download Mxit sembari Nostalgia. Sekarang Mxit muncul dengan versi baru 5.9.6 dengan beberapa perubahan. Namun perubahan yang paling kentara adalah, lewat aplikasi Mxit kini kita bisa mengakses Full layanan twitter. Dan kini selain mengadd teman lewat Nomor/Pin, kita juga bisa mengadd teman lewat Nickname. Tentu saja perubahan ini menjadi fitur baru yang patut menarik untuk dicoba.

Jadi inget dulu pas jaman2nya asik MXit'an hhahahaa ... dulu gue pake HP sony ericsson gak tau seri berapa udah lupa. Banyak temen yang ditemui disana !! bahkan ampe 80% nya pernah gue ketemuin hhhehehe ... masa2 indah yang mengenaskan (lho hhehehe...)

sekian dulu yang gue share disini
hhahaha semoga dapat mengingatkan kita akan masa2 SMA kita dulu

2 komentar: